Dosen Pendidikan Ekonomi UM Metro Melakukan Sosialisasi Peran Generasi Muda Pada Bidang Ekonomi Kreatif

Tim dosen Universitas Muhammadiyah Metro melakukan Sosialisasi Peran Generasi Muda Pada Bidang Ekonomi Kreatif Di Tengah Pandemi Kepada Karang Taruna Kelurahan Rejomulyo Kecamatan Metro Selatan Kota Metro, Minggu (21/03/2021).

Dalam program pengabdian kepada masyarakat tersebut, tim masing-masing berbagi tugas Fajri Arif Wibawa, M.Pd.  dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi bertindak sebagai ketua tim menyampaikan peran karang taruna dalam memajukan kesejahteraan masyarakat, Meyta Pritandhari, M.Pd. bertindak sebagai anggota tim menyampaikan peran generasi muda pada bidang ekonomi kreatif.

Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda, yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat,” ungkap Fajri Arif Wibawa, sebagai narasumber kedua.

Fajri melanjutkan, Pemberdayaan Karang Taruna adalah suatu proses pengembangan kemampuan, kesempatan, dan pemberian kewenangan kepada Karang Taruna untuk meningkatkan potensi, pencegahan dan penanganan permasalahan sosial, pengembangan nilai-nilai kepeloporan melalui pemanfaatan sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya sosial, dan teknologi. Oleh karena salah satu peran anggota dan pengurus karang taruna dalam bidang ekonomi kreatif dilingkup kelurahan Rejomulyo khususnya.

Meyta Pritandhari, M.Pd. narasumber kedua menyampaikan bahwa ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi perwujudannya. Perlu pemahaman dan pengembangan kemampuan dibidang ekonomi kreatif khususnya di tengah pandemi covid-19 tentu akan sangat menunjang berbagai kegiatan karang taruna ditengah masyarakat.

Asrah Suandaru, ketua karang taruna pemuda mandiri rejomulyo mengungkapkan terima kasih untuk tim pengabdian kepada masyarakat UM Metro telah melibatkan karang taruna pemuda mandiri rejomulyo dalam kegiatan ini. Kegiatan semacam ini sangat bermanfaat untuk anggota dan pengurus karang taruna, selain ilmu juga mendapat gambaran untuk kegiatan-kegiatan karang taruna kedepan.

Seiring dengan perkembangan zaman industri 4.0 yang serba digitalisasi menuntut pengurus karang taruna perlu mengimbangi dan membekali anggotanya dengan kemampuan dan keterampilan yang lebih sesuai. Kegiatan semacam ini salah satunya yang kami harapkan untuk kegiatan-kegiatan karang taruna di Kota Metro,” ungkap Mas Arif, perwakilan Karang Taruna Kota Metro.

Bapak Margono, M.Pd., perwakilah dari Kelurahan Rejomulyo mengungkapkan, kegiatan semacam ini kami berharap ada tindak lanjut yang lebih kongkrit khususnya untuk dikelurahan Rejomulyo.

Kelurahan Rejomulyo sangat banyak sekali potensi khususnya untuk wisata keluarga, hal tersebut dibuktikan sudah ada beberapa tempat wisata keluarga yang cukup maju dan dikenal oleh masyarakat Lampung. Rejomulyo memiliki wilayah persawahan terasering yang indah, jarang dimiliki oleh kelurahan lainnya. Hal ini tentu perlu dilihat peluangnya oleh pengurus dan anggota karang taruna untuk memajukan Rejomulyo,” ungkap Bapak Margono.

Terakhir, Fajri mewakili rekan se-tim mengaku tujuan dari pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dan pengembangan kemampuan dibidang ekonomi kreatif khususnya di tengah pandemi covid-19 tentu akan sangat menunjang berbagai kegiatan karang taruna ditengah masyarakat.