Kaprodi Pendidikan Ekonomi UM Metro Tekankan Desain Grafis Bermanfaat Untuk Masa Depan! Pada Pelatihan Dasar Desain Grafis Coreldraw.

 

Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro Bapak Fajri Arif Wibawa, S.Pd., M.Pd. menjadi narasumber pada kegiatan pagu prodi pendidikan ekonomi yaitu pelatihan Public Speaking, Pelatihan Dasar Desain Grafis Coreldraw dan Pelatihan Administrasi Organisasi. Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 19 November 2022 bertempat di Aula Gedung HI Kampus 1 UM Metro.

 

Mahasiswa sebagai agent of change khususnya bagi dunia pendidikan di masa depan, memerlukan salah satu kesiapan dalam hal kemampuan berbicara di depan umum serta pengembangan kreatifitas melalui desain grafis maupun administrasi dalam berorganisasi, hal tersebut juga berlaku untuk para siswa/i maupun generasi muda lainnya.

 

Mahasiswa, siswa dan para pemuda yang berdaya saing memerlukan bekal untuk mampu melakukan perubahan dan menyeleraskan perkembangan zaman. Sehingga kegiatan pelatihan berupa pengembangan bakat dan minat pada bidang public speaking, desain grafis dan administrasi organisasi menjadi satu kebutuhan yang menunjang mereka menjadi  orang yang berdaya saing dan penerus bangsa.

 

Bapak Fajri Arif Wibawa, S.Pd., M.Pd. menyampaikan pada pelatihan ini, "Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Jadi desain itu adalah kumpulan dari gambar dan teks yang disusun semenarik mungkin sehingga menjadi alat untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Yang perlu diperhatikan yaitu jangan sampai terlalu kecil teks sehingga tidak terbaca, terlalu banyak gambar sehingga pesan tidak tersampaikan".

 

Apa sih pentingnya desain grafis di era digital ini? 1). MENJADI SKILL YANG BANYAK DIBUTUHKAN PERUSAHAAN, Seorang desainer dapat membantu untuk meningkatkan branding perusahaan, mulai dari membuat logo, iklan, konten sosial media, dan masih banyak lagi. 2). MENINGKATKAN BRAND AWARENESS, Brand yang kuat pasti memiliki perencanaan dan konsep yang matang, yang pastinya di balik itu semua ada tim marketing dan desainer grafis. 3). MENINGKATKAN PENGHASILAN, Di era digital ini banyak peluang bisnis baru yang sangat menguntungkan, salah satunya dalam bidang desain grafis. 4). MANFAAT PERSONAL, Dalam kehidupan sehari-hari desain grafis memiliki manfaat yang jarang kita sadari. Contohnya penerapan desain RUMAH DLL, tambah Bapak Fajri.

 

Bapak Fajri menyampaikan, "CorelDRAW adalah editor grafis vektor yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation dari Ottawa, Kanada. CorelDRAW adalah software yang dirancang untuk mengedit gambar dua dimensi seperti vektor, ilustrasi dan edit foto, sehingga banyak perusahaan percetakan yang menggunakan software ini".

 

Fungsi utama dari CorelDraw adalah membantu Anda dalam mendesain gambar dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kemudahan dalam mengatur skala gambar, membuat Anda bisa mencetak gambar secara detail dan akurat dalam berbagai ukuran, ucap Bapak Fajri.

 

Setelah menyampaikan materi pengantar singkat terkait desain grafis dan aplikasi corelDRAW, kemudian kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan praktik langsung mendesain brosur/ flayer suatu kegiatan. Praktik dimulai dengan membuat bahan ukuran desain brosur/ flayer, kermudian memasukkan logo, membuat bahan untuk background logo, memasukkan foto pemateri/ narasumber brosur, memberi namaewat setting teks dan background teks nama pemateri, menambahkan waktu pelaksanaan dan hari tanggal, dan yang terakhir menambahkan akun sosial media pada flayer/ brosur. Praktik dilakukan durasi kurang lebih 90 menit.