Latih Public Speaking Pada Acara Prodi Pendidikan Ekonomi UM Metro, Rudion Tekankan Perlu Berlatih Terus!

 

Rudion, M.Pd. menjadi narasumber pada kegiatan pagu prodi pendidikan ekonomi yaitu pelatihan Public Speaking, Pelatihan Dasar Desain Grafis Coreldraw dan Pelatihan Administrasi Organisasi. Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 19 November 2022 bertempat di Aula Gedung HI Kampus 1 UM Metro.

 

Mahasiswa sebagai agent of change khususnya bagi dunia pendidikan di masa depan, memerlukan salah satu kesiapan dalam hal kemampuan berbicara di depan umum serta pengembangan kreatifitas melalui desain grafis maupun administrasi dalam berorganisasi, hal tersebut juga berlaku untuk para siswa/i maupun generasi muda lainnya.

 

Mahasiswa, siswa dan para pemuda yang berdaya saing memerlukan bekal untuk mampu melakukan perubahan dan menyeleraskan perkembangan zaman. Sehingga kegiatan pelatihan berupa pengembangan bakat dan minat pada bidang public speaking, desain grafis dan administrasi organisasi menjadi satu kebutuhan yang menunjang mereka menjadi  orang yang berdaya saing dan penerus bangsa.

 

Rudion, M.Pd. menyampaikan, "Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam public speaking yaitu 1). Bagaimana Beretorika yang baik,2). Bicara yang keren, 3). Komunikasi yang dahsyat, 4). Tutur Kata yang menyentuh dan 5). Bahasa yang Tertata. Perlu di pahami: Tujuan sebuah Retorika, Public speaking, Pidato atau kultum atau sebutan lainya bisa bermacam maca, Tetapi pusatkan pada Usaha memunculkan tindakan, Tujuan akhir adalah menggerakan pendengar, jama’ah atau audien, jika bagus pujian itu biasa, Kalau Retorika, bahasa, bicara tidak dapat mencapai tujuanya berarti tidak berguna".

 

Tema utama harus menjanjikan keuntungan bagi Pendengar. Kalau Pendengar/audien melakukan apa yang  diharapkan (bergerak pasti, bisa fikiran, hati atau bahkan lang sung action). Retorika kalian keren, audien akan mendapatkan keuntungan baik secara pribadi, kelompok. Jika tidak bicara kalian  kudu dievaluasi. Pusatkan retorikamu pada satu atau dua keuntungan utama, tambah Bapak Rudion.

 

Bapak Rudion juga menyampaikan, "Pokok-pokok public speaking yaitu Siapakan retorika supaya enak didengar Siapkan kerangka berfikir, kaji Kecocokan bahasa dengan situasi. Kemudian Kalau tidak lucu, jangan berusaha lucu. Usahakan berbicara yang padat, kalimat terstruktur. Munculkan suatu tema sentral dan perhatikan kekuatan bahasamu".

 

Mulai semua dengan kesungguhan dan kejujuran. Percayalah pada kata kata antum sendiri. Jangan terjebak dengan keraguan, atur diri gerak elastis dan gunakan irama beraturan. Perlakukan semua audien (pendengar) seagai insan yang setara, tambah Bapak Rudion.