Sosialisasi "Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)" Program Studi Pendidikan Ekonomi UM Metro

Sosialisasi "Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)" Program Studi Pendidikan Ekonomi, UM Metro

Metro, 14-15 Januari 2021
Awal tahun 2021, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Metro kembali mengadakan Sosialisasi untuk para dosen Pendidikan Ekonomi, dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, inovasi, dan kreativitas kerja dosen serta menjalin kerjasama dengan pihak  lainnya dalam rangka merealisasikan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan. Dibuka langsung oleh Kaprodi Pendidikan Ekonomi Ibu Triani Ratnawuri, S. Pd., M. Pd.

"Tantangan perguruan tinggi adalah untuk mencetak lulusan yang memiliki kemampuan, keterampilan softskill dan hard skill, tidak hanya lulus menjadi seorang guru saja namun bisa menjadi wirausahawan," Ungkap Ibu Triani.

Menghadirkan Ibu Dr. Dwi Rahmawati, M. Pd. Sebagai narasumber yang menyampaikan materi Sosialisasi Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Beliau mengungkapkan bahwa sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan Bapak Nadiem Makarim, tentang kebijakan Hak Belajar 3 Semester di luar prodi, setiap Prodi dan Dosen di UM Metro harus siap menghadapi hal ini, dan menyiapkan segala hal yang diperlukan, baik MOU & MOA dengan prodi baik didalam kampung atau luar kampus agar ke bijak akan ini tidak hanya terealisasikan di atas kertas. Dipertegas dengan UU No. 12 tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi.

"Dosen memiliki fungsi fasilitator dalam pelaksanaan MBKM, yang mampu melahirkan lulusan yang dapat bersaing dengan teknologi, dengan tetap menjaga kearifan lokasi sebagai ciri khas dan selaras dengan visi kampus," Ujar Ibu Dwi (LPM UM Metro).

Oleh Uul