TDO Jadi Pintu Masuk Menjadi Pengurus Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HIMADIKMI)

(Metro, 6/12)
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Metro menggelar acara Pembukaan Teknik Dasar Organisasi atau biasa disebut dengan TDO. Kegiatan ini diselenggarakan oleh  Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi  (HIMADIKMI) yang dilaksanakan pada tanggal 5 – 6 Desember 2020 bertempat di Aula gedung C UM Metro, yang menjadi saksi pergerakan HIMADIKMI dalam mencetak generasi yang loyalitas dan intelektual.

Dengan mengangkat tema “ MENCIPTAKAN SDM YANG KOMUNIKATIF, KRITIS, DAN BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP AKADEMIS SERTA DAPAT BERPERAN AKTIF DALAM MASYARAKAT”. Dengan harapan   menciptakan generasi yang loyalitas dan bertanggungjawab terhadap Himpunan khususnya HIMADIKMI itu sendiri, dan menebar manfaat dimanapun keberadaannya di masyarakat luas. Kegiatan TDO dibuka langsung oleh Bapak Syaifudin Latif M. Pd. selalu Wakil Dekan III FKIP UM Metro.

Dengan salah satu materi yang disampaikan langsung oleh Ibu Triani Ratnawuri, M. Pd. (kaprodi pendidikan ekonomi UM Metro, tentang “ Kepemimpinan “. Beliau memulai materi dengan sebuah kutipan "Manusia adalah Pemimpin di bumi, maka setidaknya jika belum mampu Memimpin banyak orang, jadilah Pemimpin untuk diri sendiri".

Kepemimpinan adalah sebuah seni untuk mempengaruhi orang lain, dan harus memiliki kemampuan untuk bertanggung jawab, memahami manusia, menggali inspirasi, menciptakan iklim situasi yang kondusif.
Dari sinilah kepemimpinan mampu menciptakan fungsi Instruktif, Partisipasi, Pengendalian, Delegasi, Konsultatif.

"Harapannya mahasiswa pendidikan ekonomi mempunyai sifat sifat kepemimpinan seperti mempunyai pendirian, pengetahuan yang luas, proaktif dalam berbagai kegiatan, terbuka terhadap pendapat orang lain, jujur dan bertanggung jawab, tidak mudah iri, mmmemiliki jiwa visioner, dan sabar menjalan kan tugas nya",  ujar Ibu Triani.

Selain dari pihak dosen TDO HIMADIKMI mengundang Alumni sebagai narasumber, diantaranya hadir Kak Nandya Sukma Albirra, S. Pd. Yang kerap disapa Kak Albi, beliau  menyampaian materi tentang  Teknik persidangan dan pengenalan IMAPESI (Ikatan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Seluruh Indonesia).

Beliau berpesan akan pentingnya berorganisasi, karena dari organisasi kita bisa mendapatkan ilmu yang tidak diajarkan dibangku perkuliahan, seperti soft skill, public speaking, relasi, kepemimpinan, kekeluargaan, pengetahuan dll.

Hadir pula dosen sekaligus alumni HIMADIKMI Bapak Fajri Arif Wibawa, M. Pd. yang menyampaikan materi tentang " Motivasi Berorganisasi". Beliau berpesan kepada kami, "Jadilah seseorang yang multitelent, yang membuat diri kita untuk belajar lebih maju“.

"Untuk itu menjalani setiap kegiatan yang bermanfaat bagi diri kita dan orang lain adalah perbuatan yang sangat terpuji. Dan organisasilah digunakan sebagai media belajar membagi waktu dan kerjaan," ungkap Bapak Fajri.

Tidak sampai disitu saja, TDO HIMADIKMI juga menghadirkan seorang pengusaha, pejabat pemerintah, sekaligus Alumni HIMADIKMI. Beliau adalah Kak Sulfi Yudha, S. Pd. Yang berkesempatan menyampaikan materi tentang “Manajemen Pemasaran“,  beliau mengharapkan mahasiswa pendidikan ekonomi mampu bersaing dizaman yang serba canggih ini untuk menciptakan lapangan pekerjaan dengan membuka berbagai bisnis yang bisa dijalankan.

Ketika masa tidak hanya berlaku pada ijazah, namun juga pada kerja keras dan kemauan yang tinggi.

Oleh Uul