Metro, 22 Mei 2025 — Dalam upaya meningkatkan mutu dan daya saing Program Studi Pendidikan Ekonomi di seluruh jenjang pendidikan tinggi, dua dosen Pendidikan Ekonomi mengikuti salah satu kegiatan tahunan Aliansi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO) yaitu Workshop Peningkatan Mutu Program Studi Pendidikan Ekonomi pada Kamis, 22 Mei 2025, bertempat di Aula Gedung G lantai 3, Pascasarjana FKIP Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta.
Workshop ini diikuti oleh ketua program studi Pendidikan Ekonomi, Tiara Anggia Dewi, M.Pd serta perwakilan anggota ASPROPENDO, Dr. Siti Suprihatin, M.Pd. sebagai bagian dari upaya untuk merumuskan langkah-langkah strategis peningkatan mutu, serta bagian dari komitmen dalam menjamin keberlanjutan mutu pendidikan dan pengembangan keilmuan di bidang pendidikan ekonomi.
Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB dan terbagi dalam dua sesi materi utama. Sesi pertama menghadirkan Prof. Dr. Rusdarti, M.Si. dari Universitas Negeri Semarang, yang memaparkan topik Indikator Mutu Program Studi. Dalam pemaparannya, Prof. Rusdarti menekankan pentingnya peran dan fungsi penjaminan mutu universitas, serta menjelaskan siklus PEPP (Perencanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) dalam sistem penjaminan mutu internal. Peserta juga diperkenalkan dengan Instrumen Akreditasi Program Studi 2.0 dari LAMDIK (Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan), berikut perbedaan signifikan dibandingkan dengan versi sebelumnya, Instrumen 1.0. Sesi kedua diisi oleh Prof. Dr. Hari Wahyono, M.Pd. dari Universitas Negeri Malang yang membahas Bahan Kajian Pendidikan Ekonomi meliputi konten ekonomi mikro dan makro pada jenjang S1, S2, dan S3. Dalam pemaparannya, Prof. Hari menyajikan pemetaan bahan kajian utama di bidang ekonomi mikro dan makro, dengan penekanan pada diferensiasi kedalaman materi sesuai dengan tingkat pendidikan. Materi ini diharapkan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum yang lebih relevan, kontekstual, dan berorientasi pada capaian pembelajaran nasional.
Tiara Anggia Dewi menyampaikan melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pencerahan yang aplikatif bagi program studi dalam memahami dan mengimplementasikan Instrumen Akreditasi LAMDIK yang terbaru serta memperkuat penyusunan kurikulum prodi Pendidikan Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Metro.