Visi dan Misi

Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu program studi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro yang berdiri sejak tahun 1989 yang beralamatkan Gedung C FKIP Universitas Muhammadiyah Metro Jl. Ki. Hajar Dewantara No. 116 Iringmulyo, Kota Metro. Saat ini program studi Pendidikan Ekonomi telah memiliki tenaga pendidik berjumlah 10 Dosen Magister. Prodi pendidikan ekonomi terus berinovasi dalam rangka menjawab permasalahan dimasyarakat dan tantangan global. Dibawah pimpinan Kepala Program Studi Pendidikan Ekonomi Ibu Triani Ratnawuri, M.Pd memiliki visi dan misi seagai berikut:

 

Visi

"Pendidikan Ekonomi yang unggul, profetik profesional menuju digital entreprenuer pada tahun 2025"

Definisi Istilah:

  • Pendidikan ekonomi yang unggul adalah program studi yang terdepan dalam pengembangan SDM unggul dan berdaya saing;
  • Profetik profesional adalah sikap yang selalu berupaya untuk memiliki sifat kenabian yang meliputi shiddiq, amanah, fatonah dan tabligh dan diwujudkan dengan kesalehan individual dan kesalehan sosial dengan menjadi pelopor perubahan masyarakat ke arah perbaikan dalam menjalankan profesi sesuai keahliannya;
  • Digital entrepreneur adalah pengembangan bisnis dan berwirausaha melalui platform digital.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran ekonomi yang profetik profesional;
  2. Melaksanakan berbagai kajian, penelitian dan pengembangan pendidikan ekonomi baik aspek pedagogik maupun konten ekonomi yang inovatif;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang mampu mengatasi masalah di masyarakat menuju era digital entrepreneur; 
  4. Mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan dalam kompetensi dan keilmuan pendidikan ekonomi yang kontekstual;
  5. Menjalin kerjasama yang intensif baik lokal, regional, nasional maupun internasional.

 

Tujuan

  1. Terwujudnya penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran ekonomi yang profetik profesional;
  2. Terselenggaranya berbagai kajian, penelitian dan pengembangan pendidikan ekonomi baik aspek pedagogik maupun konten ekonomi yang inovatif;
  3. Terlaksananya program pengabdian kepada masyarakat yang mampu mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat menuju digital entreprenuer; 
  4. Terintegrasinya nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan dalam kompetensi dan keilmuan pendidikan ekonomi yang kontekstual;
  5. Prodi Pendidikan Ekonomi menjalin kerjasama yang intensif baik lokal, regional, nasional maupun internasional.

 

Profil Lulusan Program Studi

Lulusan program studi pendidikan ekonomi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro diharapkan dapat bekerja sebagai :

No

Profil

Deskripsi Profil

1

Calon Guru Ekonomi

Sarjana Pendidikan Ekonomi yang profetik sebagai guru ekonomi yang kreatif dan inovatif sehingga mampu melaksanakan tugas keguruan secara kontekstual serta mampu bekerja pada berbagai lembaga pendidikan formal, informal, dan non-formal.

2

Entreprenuer

Sarjana pendidikan ekonomi yang berjiwa wirausaha mandiri dan adaptif dalam perkembangan kemajuan teknologi digital entreprenuer.

3

Praktisi pendidikan ekonomi pada berbagai bidang

Sarjana pendidikan ekonomi yang memiliki kemampuan soft skill, life skill, ICT dan entreprenuer yang islami dengan pendekatan pendidikan ekonomi pada berbagai bidang profesional baik dalam konteks pendidikan maupun dunia usaha, dan industri.

4

Akademisi/Peneliti bidang Pendidikan Ekonomi

Sarjana Pendidikan Ekonomi yang profetik dan memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, mengembangkan dan mencarikan solusi dari berbagai permasalahan terkait ekonomi dan pendidikan ekonomi sesuai konteks yang dihadapi masyarakat.

 

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi

Lulusan program studi pendidikan ekonomi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro diharapkan dapat memiliki sifat kenabian seperti berikut :

No.

Profetik

Jenis Ranah Kompetensi

Capaian pembelajaran Lulusan

1

Sidiq

Integritas

Sikap Personality

  1.  Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  5. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

2.

Amanah

Sikap  Interpersonal (Sosial)

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  2. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  3. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  4. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  5. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ;

3.

.

Fatonah

(Competent)

Kognitif

  1. Menguasai konsep teo­ri­tis pendidikan ekonomi baik pedagogik maupun konten ekonomi dan konsep teori­tis baik perangkat analisis (matematis) maupun perangkat eksperimen (instrumentasi) serta menguasai konsep ilmu ekonomi, akuntansi, manajemen, pemasaran dan digital marketing, kewirausahaan, UMKM koperasi ser­ta mampu memfor­mu­la­sikan dan menggunakan dalam pembelajaran ekonomi;
  2. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data terutama dengan pendekatan berpikir keilmuan ekonomi, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok;
  3. Bertanggung jawab pada hasil pekerjaan sendiri terutama bidang pendidikan ekonomi dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi;

Psikomotor

  1. Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan keilmuan pendidikan ekonomi dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi;
  2. Mampu melaksanakan praktikum dan percobaan bidang ekonomi dengan berbagai alat laboratorium ekonomi serta memiliki kemampuan mengolah dan menganalisis data;
  3. Mampu melaksanakan pembelajaran ekonomi dengan berbagai strategi dan pendekatan, terutama menuju digital entrepreneur;
  4. Mampu mengembangkan sumber belajar ekonomi berdasarkan aktifitas penelitian dan pengabdiannya dalam pendidikan ekonomi;
  5. Menguasai ICT dan mempu menggunakannya dalam Pembelajaran ekonomi.

4

Tabligh (komunikatif)

Komunikasi

  1. Mampu mengemukakan keahlian pendidikan ekonomi dengan bahasa verbal maupun tulis secara sistimatis, praktis dan mudah dipahami;
  2. Mampu bekerjasama dan berkolaborasi dalam menerapkan keilmuan pendidikan ekonomi dengan berbagai disiplin ilmu berdasarkan nilai-nilai Islam.

 

Akreditas Program Studi

Program studi pendidikan ekonomi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro terakreditasi Nilai B berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 2133/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2018.