Launching Pasar Kreatif Program PHP2D Himadikmi UM Metro di Hadiri Walikota Metro

 

UM Metro – Walikota Metro dr. H. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K) launching Pasar Kreatif Padas Grojok Rejomulyo pada Ahad, 28 November 2021. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HIMADIKMI) FKIP Universitas Muhammadiyah (UM) Metro oleh Kemdikbud-Ristek sebagai wujud dari kurikulum MBKM.

 

Turut hadir Wakil Walikota Metro Drs. H. Qomaru Zaman, MA., Wakil Rektor III UM Metro Drs. Anak Agung Oka, M.Pd., Camat Metro Selatan, Lurah Rejomulyo, Lurah Margorejo, Lurah Margodadi, Kaprodi dan Dosen Pendidikan Ekonomi, Pamong Lingkungan Ketua RW dan Ketua RT Rejomulyo dan Gerakan Pesona Indonesia (GenPi) Kota Metro.

 

Afif selaku ketua tim melaporkan rangkaian kegiatan PHP2D yang telah Tim dan Dosen Pendamping kurang lebih selama 6 bulan mulai Juli hingga November 2021. Tentunya hal tersebut didasarkan pada Surat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 3521/E2/KM.09.01.2021 Prihal Penerima program PHP2D Tahun 2021. Bahwa Proposal PHP2D tim Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HIMADIKMI) didanai dengan judul ‘Pemberdayaan Kelurahan Rejomulyo Berbasis Ekowisata Menuju Kelurahan Kreatif’.

 

“Mengapa berbasis ekowisata? Karena di kelurahan rejomulyo memiliki pemandangan alam persawahan terasering yang indah, sosial budaya masyarakat juga masih terjaga, sehingga kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal. Karena tindak lanjut kedepan tidak hanya pasar kreatif saja, namun pada bidang-bidang kemasyarakatan yang lainnya,” ucap Afif.

 

Menurturnya pelaksanaan PHP2D ini digagas bersama tim dan dosen pendamping Fajri Arif Wibawa, M.Pd, di Rejomulyo mulai dari survei kebutuhan proposal selama 6 bulan dari bulan bulan Juni Hingga November 2021.

 

“Harapan kami dengan kegiatan PHP2D yang telah kami laksanakan ini dapat: pertama, Meningkatnya kesadaran, pengetahuan, ketrampilan dan motivasi masyarakat terhadap ekowisata penerapannya di Kelurahan Rejomulyo. Ini terwujud dengan adanya pelatihan manajeman pariwisata dan branding. Kedua, Perubahan lingkungan dengan adanya ekowisata dalam hal ini membuka pasar kreatif dan memaksimalkan wisata keluarga. Dengan dibangunnya pasar kreatif ini kami berharap menjadi stimulus dan panjingan agar wisata lokal yang sempat mati karena pandemi cobid 19 bisa bangkit kembali. Walaupun saat ini wisata lokal padas grojok dan taman bunga belum 100% siap, mari kita majukan bersama-sama pasar kreatif dan wisata lokal yang ada di Rejomulyo,” tambahnya.

 

Lebih lanjut, jalinan kerjasama antara mahasiswa, kelompok masyarakat Rejomulyo juga menjadi harapan mereka bersama. “Ini telah terjalin kerjasama antara UM Metro dengan Kelurahan Rejomulyo, kami juga menjadi kerjasama dengan karang taruna rejomulyo, payungi. Kemudian kami juga mendapat dukungan dari generasi pesona indonesia (GenPi) Kota Metro dan Provinsi Lampung. Dengan kolaborasi ini, harapan kami bisa meju bersama membangun negeri melalui gotong royong.

 

Keempat, terbentuknya ekowisata yang berkembang di Rejomulyo yang dikelola oleh pemuda sebagai tindak lanjut agar program dapat berjalan secara berkelanjutan. Karena zaman terus berkembang khususnya dibidang IT, wisata lokal juga terkena imbas hal tersebut. Oleh karena itu melalui karang taruna rejomulyo yang pengurusnya berisikan pemuda bersama pamong lingkungan ketua RW dan Kelurahan bersama-sama mengelola potensi yang ada di rejomulyo,” sambung Afif.

 

Wakil Rektor III Bapak Drs. Anak Agung Oka, M.Pd. menyampaikan UM Metro sangat mendukung dengan dibangunnya Pasar Kreatif Padas Grojok Rejomulyo.

 

“Ini merupakan salah satu upaya UM Metro dalam berkolaborasi, dalam hal ini dengan Pemerintah Kota Metro melalui Kelurahan Rejomulyo,” jelas Agung.

 

Wahdi menyampaikan Pemerintahan Kota Metro sangat mengapresiasi kegiatan PHP2D yang telah dilakukan oleh HIMADIKMI FKIP UM Metro di Kelurahan Rejomulyo. Menurutnya langkah tersebut sudah sesuai dengan Visi Kota Metro yang nomor 4 yaitu Wira : Meningkatkan masyarakat produktif, berdaya saing dalam bidang ekonomi kreatif dan wisata keluarga.

 

“Oleh karena itu, Saya dan Bapak Wakil Walikota Metro menyempatkan hadir disela kegiatan yang padat. Karena jam 09.00 WIB ini akan ada Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Mudah-mudahan pengabdian adik-adik mahasiswa dan Doaen Pendamping UM Metro dengan melaksanakan PHP2D di Rejomulyo bisa bermanfaat dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucap Wahdi.

 

Kegiatan Launching ini disponsori dan didukung oleh: Widanda cell, Yogi Mart, RM. Mulya, Saung Bang Ocit, Smartfren, CV. Wulandari, Primamedia dan Bank EKA. Kemudian didukung juga oleh Kemdikbud-Ristek, Pemerintah Kota Metro, Karang Taruna Rejomulyo, Karang Taruna Margodadi, Sumbersari Bantul, Margorejo, Payungi, Genpi Metro dan Lampung, Disporapar Metro dan SD Aisyiyah Metro