Metro - Mahasiswa dan dosen Pendidikan Ekonomi dari Universitas Muhammadiyah Metro telah berhasil menghasilkan modul inovatif yang berisi materi ekonomi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal berbasis saintifik. Modul ini telah diadopsi oleh SMA Negeri 2 Metro sebagai sumber belajar yang efektif bagi siswa.
Dalam penelitian yang dilakukan selama enam bulan, mahasiswa dan dosen bekerja sama untuk mengembangkan modul yang mampu meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap mata pelajaran ekonomi. Modul ini didesain dengan pendekatan saintifik, yang menekankan pemecahan masalah, pengamatan, dan eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul tersebut secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami konsep kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Siswa merasa lebih terlibat dalam proses pembelajaran melalui metode yang interaktif dan menggairahkan.
Dosen Pendidikan Ekonomi, Bapak Teguh Santoso, mengungkapkan kebanggaannya atas hasil penelitian tersebut. "Kami sangat senang melihat dampak positif modul ini pada pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Metro. Mahasiswa kami telah mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk menciptakan sebuah sumber belajar yang inovatif dan efektif," kata Ibu Triani.
Sekolah SMA Negeri 2 Metro juga memberikan apresiasi atas modul yang dikembangkan oleh tim peneliti. "Modul ini membawa suasana baru dalam pembelajaran ekonomi di sekolah kami. Siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam mempelajari konsep-konsep ekonomi yang kompleks," ujar Kepala SMA Negeri 2 Metro.
Diharapkan bahwa modul ini dapat menjadi contoh inspiratif bagi sekolah lain dalam mengembangkan sumber belajar yang inovatif dan memotivasi siswa untuk belajar ekonomi dengan lebih baik. Dengan adopsi modul ini, diharapkan siswa akan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang kebijakan moneter dan kebijakan fiskal, serta dapat menerapkan konsep-konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka.